MATA PELAJARAN : PKn
TAHUN PELAJARAN : 2014-2015
No
|
Standar Kompetensi (SK)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Waktu
|
1.
|
Memahami hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
|
Mendeskripsikan hakekat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya
bangsa
|
PG
|
1
|
|
|
|
|
Menjelaskan pengertian negara dan unsur-unsur
terbentuknya negara
|
PG
|
2
|
|
|
|
Menjelaskan
pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
PG
|
3
|
|
2.
|
Menampilkan Sikap Positif Terhadap Sistem Hukum dan
Peradilan di Indonesia
|
Mendeskripsikan
pengertian sistem hukum dan peradil
nasional
|
Menentukan macam-macam penggolongan hukum
|
PG
|
4
|
|
|
|
Menganalisis peranan lembaga lembaga peradilan
|
Menganalisis fungsi dan peranan lembaga peradilan
|
PG
|
5
|
|
|
|
Menganalisis upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Menganalisis macam-macam perbuatan yang termasuk
kategori korupsi
|
PG
|
6
|
|
3.
|
Menampilkan Peran Serta dalam Upaya Pemajuan,
Penghormatan,
dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
|
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakkan HAM
|
Mengidentifikasi instrumen HAM nasional
|
PG
|
7
|
|
|
|
Menampilkan
peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakkan HAM di
Indonesia
|
Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
|
PG
|
8
|
|
|
|
Mendeskripsikan instrumen hukum dan perasilan
internasional HAM
|
Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
|
PG
|
9
|
|
4.
|
Menganalisis Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi
|
Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
|
Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi
di sebuah negara
|
PG
|
10
|
|
|
|
Menganalisis substasnsi konstitusi negara
|
Mendeskripsikan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD
1945
|
PG
|
11
|
|
|
|
Menganalisis
kedudukan Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
|
PG
|
12
|
|
5.
|
Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam
Berbagai Aspek Kehidupan
|
Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan
pewarganegaraan di Indonesia
|
Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara
umum
|
PG
|
13
|
|
|
|
Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa
membedakan ras, agana, gender, golongan, budaya, dan suku
|
Menunjukan sikap persamaan kedudukan warga negara tanpa
membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku
|
PG
|
14
|
|
6.
|
Menganalisis Sistem Politik di Indonesia
|
Mendeskripsikan supra struktur dan
infra struktur politik di Indonesia
|
Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
|
PG
|
15
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan infrastruktur politik
|
PG
|
16
|
|
|
|
Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara
|
Menunjukan kelebihan dan kelemahan sistem politik yang di
anut Indonesia
|
PG
|
17
|
|
7.
|
Menganalisis budaya politik di
Indonesia
|
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
|
Menjelaskan pengertian budaya politik
|
PG
|
18
|
|
|
|
|
Menyebutkan faktor kunci yang mempengaruhi budaya
politik
|
PG
|
19
|
|
|
|
Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang
dalam masyarakat Indonesia
|
Menjelaskan pengertian budaya politik partisipan
|
PG
|
20
|
|
|
|
Mendeskripsikan
pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
|
Mengidentifikasikan fungsi partai politik
|
PG
|
21
|
|
8.
|
Menganalisis Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani
|
Mendeskripsikan
pengertian dan prisnip-prinsip budaya demokrasi
|
Mendeskripsikan prinsip-prinsip demokrasi
|
PG
|
22
|
|
|
|
Mengidentifikasikan
ciri-ciri mayarakat madani
|
Mengidentifikasikan ciri-ciri masyarakat madani
|
PG
|
23
|
|
9.
|
Menampilkan Sikap Keterbukaan dan Keadilan Dalam
Kehidupan Berbangsa dan Benegara
|
Mendeskripsikan
pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
Mendeskripsikan pengertian
keterbukaan keadilan
|
PG
|
24
|
|
|
|
|
Mengidentifikasikan
ciri-ciri keterbukaan
|
PG
|
25
|
|
10.
|
Menganalisis hubungan
internasional dan organisasi internasional
|
Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
|
Menjelaskan macam-macam istilah perjanjian
internasional
|
PG
|
26
|
|
|
|
|
Menguraikan tahapan perjanjian internasional
|
PG
|
27
|
|
|
|
Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA,
PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional
|
Mengidentifikasi macam-macam organisasi internasional
|
PG
|
28
|
|
11.
|
Menganalisis sistem hukum dan
peradilan internasional
|
Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional
dan cara penyelesaian oleh Mahkamah internasional
|
Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah-masalah
(sengketa) internasional
|
PG
|
29
|
|
12.
|
Menampilkan Sikap Positif Terhadap
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
|
Mendeskripsikan
Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Mendeskripsikan
makna ideologi negara
|
PG
|
30
|
|
|
|
|
Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar
negara
|
PG
|
31
|
|
|
|
|
Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
|
PG
|
32
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi
terbuka
|
PG
|
33
|
|
|
|
Menganalisis
Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
|
Menganalisis Pancasila
sebagai sumber nilai dan paradigma
pembangunan
|
PG
|
34
|
|
13.
|
Mengevaluasi Berbagai
Sistem Pemerintahan
|
Menganalisis sistem
pemerintahan di berbagai negara
|
Mendeskripsikan pengertian sistem pemerintahan
|
PG
|
35
|
|
|
|
|
Mengklasifikasikan sistem pemerintahan
Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
|
PG
|
36
|
|
|
|
|
Menguraikan kelebihan sistem pemerintahan presidensial
|
PG
|
37
|
|
|
|
|
Mengidentifikasikan ciri sistem pemerintahan
parlementer
|
PG
|
38
|
|
|
|
Menganalisis
pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
|
Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh
negera Indonesia menurut UUD 1945
|
PG
|
39
|
|
|
|
|
Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah
perubahan
|
PG
|
40
|
|
|
|
Membandingkan pelaksanaan sistem
pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
|
Membandingkan sistem
pemerintahan Indonesia dengan negara lain
|
PG
|
41
|
|
14.
|
Mengevaluasi Peranan
Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
|
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
|
Menguraikan pengertian, fungsi
pers dalam masyarakat yang demokratis
|
PG
|
42
|
|
|
|
Menganalisis
pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam
masyarakat demokratis di Indonesia
|
Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
|
PG
|
43
|
|
|
|
|
Menunjukan contoh-contoh
penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
|
PG
|
44
|
|
|
|
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan
kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
Menguraikan manfaat pers
dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
|
PG
|
45
|
|
15.
|
Mengevaluasi Dampak
Globalisasi
|
Mendeskripsikan
proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Mengemukakan proses globalisasi
|
PG
|
46
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan aspek globalisasi
|
PG
|
47
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
PG
|
48
|
|
|
|
Mengevaluasi
pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
|
Menunjukan contoh pengaruh negara lain yang dirasakan
oleh bangsa Indonesia sebagai dampak globalisasi
|
PG
|
49
|
|
|
|
Menentukan sikap
terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara
Indonesia
|
Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
|
PG
|
50
|
|
0 komentar:
Posting Komentar